Monday, May 12, 2014

Soccer Ball, Sacher Torte Cake

Kemarin pas ke gramedia alam sutera saya tertarik lihat buku cake decorating-nya bu Fatmah Bahalwan dan langsung beli kebetulan kalau pakai BCA card dapet diskon 10%, lumayan kan.Sebenarnya saya sudah sering lihat buku ini, tapi dulu belum tertarik buat beli. Belakangan kalau ada yang ulang tahun di keluarga, beberapa kali saya 'ditugaskan' buat birthday cake-nya, lama-lama mati gaya deh rasanya, soalnya dekornya cuma ngandalin pagar cokelat melulu.


Pagi ini saya coba ekseksusi di dapur cake model bola kaki, karena kelihatannya gak terlalu susah dan semua bahannya ada di rumah. Cuma spuit yang saya punya tidak lengkap, saya tidak punya spuit rumput, cuma ada spuit bintang itu juga belinya di pasar, jadi deh berantakan. Next target, harus punya spuit merk wilton biar bisa rapi.

Untuk base cake-nya saya pakai sacher torte cake-nya ncc karena sudah pernah buat dan menurut saya rasanya enak. Adonan cake tidak dipanggang dengan loyang biasa, tapi dengan 2 buah mangkuk alumunium, yang saya alas dengan kertas roti. Setelah cake matang, ditumpuk, bagian bawah ketemu bagian bawah juga, dioles dengan selai strawberry supaya kedua cake menempel.

Kemudian bagian atas cake saya carving menggunakan gunting tajam, supaya sedikit bundar. Lebih gampang carving pakai gunting ketimbang pakai pisau.

Setelah cake saya simpan di kulkas, supaya ganache chocolate lebih set, cake saya oles butter cream. Masih belom punya pallet sama lazy susan aka meja putar buat ngedekor, hahaha emang modal nekat, manfaatin aja apa yang ada dapur. Poles sana, poles sini pakai spatula, terus buat polanya pakai tusuk gigi. Bagian segilimanya diisi buttercream warna cokelat


Butter creamnya saya gunakan yang siap pakai, di toko bahan kue banyak yang jual, dibagi 3 bagian. Satu bagian saya biarkan tetap putih, yang lainnya saya beri pasta pandan dan pasta cokelat karena di rumah tidak ada pewarna makanan. Kemudian masukkan ke pipping bag atau plastik segitiga, ikat rapat, potong ujungnya sedikit, masukkan lagi ke pipping bag lain yang ada spuitnya, potong lagi ujungnya supaya buttercreamnya bisa keluar.

Sebenarnya saya lebih suka whipped cream ketimbang butter cream, rasanya juga lebih enak, tapi kan gak mungkin dekor cake dengan whipped cream yang teksturnya tidak kokoh dibanding butter cream. Lagipula ganachenya juga sudah pakai whipped cream. Mau dekor pakai fondant, duh kayaknya ribet ya, secara cake dengan fondant gak boleh masuk kulkas, bisa keringetan dan melorot si fondant.

And... this is it (pake gayanya Farah Quinn) my first carving cake. Yeay, ternyata gak susah-susah amat buat carving cake, cuma memang harus sering latihan supaya rapi.

Nah ini saya buat lagi untuk ulang tahun adik ipar saya, udah mulai agak rapi kan dekornya, udah pakai spuit wilton lho, spuit no 16 untuk motif bola dan spuit rumput, tapi ini base cakenya devil's food cake ncc, menggunakan 0,4 resep dengan diameter papan alas 18 cm. Coba bandingkan sama foto yang di atas, bagusan yang bawah ya..


SACHER TORTE
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN :

Bahan A
  • 160 gram mentega/margarine (saya pakai butter campur margarine dengan perbandingan 1:1)
  • 160 gram gula kastor
  • 8 butir kuning telur
  • 1 sendok teh vanilli (saya pakai vanilla bubuk)
  • 160 gram dark cooking chocolate
  • 150 gram terigu protein sedang
Bahan B
  • 8 butir putih telur
  • 150 gram gula kastor
Bahan C: 

selai aprikot (saya pakai selai strawberry)

Bahan Ganache:
  • 350 gram whipped cream
  • 350 gram dark cooking chocolate
  • Panaskan whipped cream di atas api kecil, angkat dan segera campurkan potongan dark cooking chocolate ke dalamnya. Aduk-aduk sampai semua coklat meleleh dan tercampur dengan whipped cream. Kocok sebentar dengan mixer (saya tidak kocok dengan mixer tapi simpan sebentar di kulkas). Bila menggunakan whipped cream bubuk, cairkan dulu sesuai petunjuk di kemasannya.
Cara Membuat:
  • Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan pucat.
  • Masukkan kuning telur, kocok terus sampai tercampur rata
  • Tambahkan vanilla bubuk dan dark cooking chocolate yang telah dilelehkan.
  • Di tempat lain, kocok putih telur  hingga naik, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit
  • Campur secara bergantian terigu dan kocokan putih telur ke dalam adonan mentega.
  • Tuang adonan dalam 2 buah loyang berdiameter 22 tinggi 4 cm (saya menggunakan 2 buah mangkuk alumunium, pakai 1/3 resep, kalikan sendiri ya).
  • Panggang hingga matang.
Penyelesaian:
  • Ambil selembar cake, olesi permukaannya dengan selai.
  • Tumpukan satu lembar cake lagi.
  • Siram permukaannya dengan ganache.
  • Simpan di kulkas sampai ganache set.
  • Siap didekor.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...