Thursday, May 8, 2014

Fruity Red Velvet

Tepat di penghujung bulan April kemarin anak bungsu saya berumur genap 3 tahun. Kami tidak merayakannya, hanya sekedar tiup lilin dan kumpul bersama keluarga.


Karena kebetulan ulang tahun saya dan salah seorang ipar saya berdekatan, jadi deh kita tiup lilin bareng. Makanya di kue ultahnya saya tidak tulis nama anak saya, cuma tulisan happy birthday saja.

Base cakenya menggunakan red velvet minus pewarna, hanya mengandalkan jus bit siap pakai merk tipco yang saya beli di hero living world alam sutera (saya belum pernah melihat ada jus bit merk lain, yang merk tipco pun jarang ada). Karena tidak menggunakan pewarna sama sekali, cakenya jadi berwarna cokelat.

Red velvet cake nya memakai resep ncc, dulu saya sudah pernah buat dan cukup enak rasanya menurut saya, gak kalah sama red velvet nya harvest. Kali ini saya membuat 2/3 resep di bawah dan menggunakan 2 loyang kotak ukuran 20 x 20 x 4 cm.

Untuk cheese frostingnya tetap dengan resep yang sama, hanya kali ini saya menggunakan whip cream cair merk anchor. Saya sendiri lebih menyukai whip cream bubuk merk haan, teksturnya lebih kokoh, mengocoknya sebentar saja langsung kaku dan rasanya juga lebih enak. Ini buat saya lho ya, untuk sebagian orang saya lihat banyak yang lebih menyukai whip cream cair, mungkin whip cream cair merk lain ada yang lebih enak, saya sendiri belum pernah coba selain merk anchor.

Karena saya lihat cheese frostingnya tidak kokoh, cenderung meleleh malah, akhirnya saya lapis lagi di bagian luar dengan whip cream bubuk yang saya kocok kaku. Untuk pinggiran cake sebelah atas saya hias dengan buttercream siap pakai yang saya beli di toko bahan kue dekat rumah, rasanya lumayan, gak ngendal di lidah. Saya menggunakan spuit bintang yang saya beli di pasar, dan hasilnya berantakan. Sepertinya saya harus punya spuit merk wilton minimal 1 buah dan harus kursus dekor kue nih kayaknya.

Sisi cake saya tutup dengan pagar cokelat yang saya cetak dengan plastik mika yang saya beli di toko fotocopy, masih jauh lebih rapi pakai pagar cokelat yang dicetak dengan cetakan wafer.

Papan cokelat untuk tulisannya dibuat dengan cara melelehkan dark cooking chocolate menggunakan mangkuk kaca (katanya lebih mengkilat hasilnya kalau pakai mangkuk kaca), biarkan meleleh sendiri tanpa diaduk-aduk, kemudian dituang tepat di satu titik di atas kertas roti, dan jadi bundar sendiri.  Kemudian didiamkan sebentar, sampai hampir keras (belum sampai keras ya) dibuat tulisan menggunakan tusuk gigi. Kemudian tim cokelat dengan warna lain untuk tulisan, masukkan di pipping bag, diamkan sebentar. Jangan langsung dipakai panas-panas ya, nanti tulisannya malah berantakan, karena cokelatnya masih leleh banget.

Untuk topping buah segarnya ditaruh menit-menit terakhir sebelum kue dibawa supaya terlihat tetap segar karena acara tiup lilinnya bukan di rumah saya, tapi di rumah mertua saya.


RED VELVET CAKE
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN A :
  • 425 gr terigu protein sedang (saya pakai terigu protein rendah)
  • 20 gr coklat bubuk
  • 1 sdt garam

BAHAN B :
  • 450 ml minyak goreng
  • 500 gr gula halus
  • 4 butir telur
  • 1 sdt vanilli bubuk
  • Pewarna merah secukupnya (saya skip)

BAHAN C :
  • 100 ml jus beetroot (saya pakai merk tipco)  

BAHAN D :
  • 300 ml susu UHT
  • 2 sdm air lemon

BAHAN E :
  • 2 sdt soda kue
  • 2 sdt air lemon

CARA MEMBUAT :
  • Aduk bahan D, diamkan agar mengental menjadi buttermilk, sisihkan.
  • Campur semua bahan A lalu ayak.
  • Kocok gula halus dan minya sampai rata.
  • Masukkan telur satu per satu, kocok sampai rata.
  • Masukkan jus bit, pewarna, vanilli, aduk rata.
  • Masukkan bahan A, aduk rata.
  • Tambahkan buttermilk aduk rata.
  • Masukkan bahan E aduk rata.
  • Catatan : untuk bahan E dicampur terakhir, sesaat sebelum dimasukkan karena soda kue hanya bereaksi sebentar.
  • Tuang adonan ke dalam 2 loyang berukuran 20x20x4 cm.
  • Panggang selama 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

CHEESE FROSTING

BAHAN :
  • 125 gr cream cheese
  • 50 gr gula halus
  • 25 gr butter
  • 250 gr whipping cream kocok kaku

CARA MEMBUAT :
  • Biarkkan cream cheese ada dalam suhu ruang.
  • Campur cream cheese dengan gula halus dan butter.
  • Kocok hingga lembut.
  • Masukkan whipping cream yang sudah dikocok kaku.
  • Kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.

PENYELESAIAN :
  • Letakkan satu lembar cake.
  • Basahi dengan jus bit.
  • Oles cheese frosting.
  • Lakukan untuk semua lapisan cake.
  • Terakhir poles seluruh permukaan cake dengan cheese frosting.

Happy baking ^~^







1 comment:

  1. Halo!

    Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda.

    Kami ingin memasukkan blog Anda pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

    Salam,
    Immanuel Kabuhung
    MyTasteIndonesia

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...