Monday, May 19, 2014

Strawberry Cheese Pie


Seminggu ini saya punya banyak buah strawberry di freezer, karena minggu lalu suami saya beli strawberry beku cukup banyak langsung dari pemasok buah strawberry untuk toko-toko buah besar di Jakarta. Strawberry beku ini sendiri merupakan buah strawberry segar yang sudah dicuci bersih kemudian dibekukan. Saking banyaknya, sampai-sampai tiap hari suami saya bawa bekal buah strawberry ke kantor. Strawberry ini rasanya enak banget, asem-asem segar dan buahnya juga besar-besar. Beda sekali sama buah stawberry yang suka saya beli di pasar tradisional, yang kalau dimakan begitu saja, bisa bikin mata merem melek saking asemnya.


Kebetulan juga di kulkas masih ada cream cheese yang kadaluarsanya tinggal 1 bulan lagi. Sebelum saya kelupaan sama si cream cheese ini dan akhirnya bisa terbuang percuma, lebih baik saya olah jadi cake. Dan hasil blogwalking di blognya mbak Hesti, ketemu resep strawberry cheese pie, bahan-bahannya semua ada di rumah, hanya saya tidak punya krim kental. Dari komentar di blog mbak Hesti, krim kental pada pie ini bisa diganti dengan susu cair.

Hasilnya pie yang enak sekali, perpaduan antara pie yang gurih renyah dengan cheese cake yang lembut.

Resep di bawah ini pas sekali untuk loyang pie bongkar pasang dengan ukuran diameter alas 20 cm, kulit pienya sangat tipis, tapi kokoh dan tidak rapuh. Waktu mencetak adonan kulit pie harus saya tekan-tekan dengan ujung jari supaya adonan bisa menutup seluruh cetakan saking sedikitnya adonan. Malah saya sempat mengira pinggiran loyang tidak akan tertutup karena adonan kurang. Tapi setelah ditekan-tekan sehingga adonan bagian alas menjadi tipis sekali, pinggiran loyang bisa tertutup semua.



Strawberry Cheese Pie
Sumber : Hesti Kitchen

Bahan Kulit Pie :
  • 75 gr butter beku potong-potong (saya ganti margarine supaya kulit pie lebih kokoh)
  • 25 gr gula pasir halus
  • 150 gr terigu protein sedang
  • 1/4 sdt garam
  • 1 buah kuning telur
Bahan Isi :
  • 300 gr cream cheese suhu ruang (saya cuma pakai 250 gr)
  • 1/8 sdt garam
  • 1/2 sdm kulit lemon (saya pakai jeruk nipis)
  • 110 gr gula pasir halus
  • 75 gr telur (saya pakai 2 butir telur ukuran kecil, beratnya lebih dari 100 gr lebih, tapi saya pakai semua)
  • 1 1/2 sdm terigu protein sedang
  • 75 gr krim kental (saya ganti susu cair)
  • 1/2 sdm air lemon (saya pakai jeruk nipis)
Bahan Topping :
  • 2 sdm selai strawberry diencerkan dengan 2 sdm air
  • 200 gr strawberry segar

Cara Membuat :

Kulit pie :
  • Campur rata garam, terigu dan gula.
  • Masukkan butter beku, adoni menggunakan garpu atau pisau pastri sampai berbutir-butir.
  • Masukkan kuning telur, adoni menggunakan ujung jari, bungkus dengan plastik wrap.
  • Simpan di kulkas 30 menit.
  • Cetak di cetakan pie.
  • Panggang selama 15 menit (saya tidak tusuk-tusuk dengan garpu, karena pernah ditusuk garpu, malah jadi bocor dan isinya belepotan)
  • Baca cara membuat kulit pie di sini ya.
Isi :
  • Kocok rata cream cheese, garam, kulit lemon dan gula.
  • Masukkan telur, kocok rata.
  • Masuk terigu, krim kental, air lemon, kocok rata.
  • Masukkan ke kulit pie yang sudah dipanggang sebentar.
  • Panggang lagi selama 40 menit (saya hanya 30 menit sudah matang).
  • Biarkan agak dingin.
  • Isi dengan bahan topping.
  • Simpan di kulkas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...